Apa kabar kawan semua ...?
Oh ya maaf ya kawan kita belum sempet posting nie dari kemarin di blog ini , soalnya biasa masih ada urusan heheheh kayak orang penting aja ya kawan :)
Ok kawan untuk postingan kali ini kita akan memberikan sedikit pengetahuan atau tutorial membuat game sederhana ya kawan dengan mengunakan software Adobe Flash. Untuk Mempelajari Flash dan Menampilkan Flash Di Website maka Anda Harus Menginstal Flash Player, Bisa Di Download Disini ya kawan.
Ok langsung saja kita mulai tutorialnya ya kawan semoga bermanfaat :)
1.] Pertama-tam buka program macromedia flash atau adobe flash (sama saja karena script yang digunakan masih action script 2.0) ya kwan semua
2.] Selanjutnya setting ukuran stage menjadi 800x600 pixel.
Buat movie clip baru dengan memilih menu Insert > New Symbol. Beri nama nyamuk ya kawan.
3.] Pada editor movieclip, buatlah gambar nyamuk! gak usah ribet-ribet yang penting kelihatan kayak nyamuk.
gambar : nyamuk
4.] Pada frame 2, buat blank keyframe baru (F7). lalu gambarlah objek darah seperti di bawah ini.
5.] Ubah gambar darah tadi menjadi movie clip dengan mengklik kanan pada objek pilih Convert to Symbol.
6.] Pada frame 10, buat keyframe(F6) kemudian buka panel properties. Kemudian ubah color dengan alpha dengan persentase 0%.
7.] Klik kanan di tengah frame lalu pilih Create Motion Tween.
8.] Pada frame 1. Buka panel action kemudian beri perintah stop();
9.] Keluar dari editor, lalu masukan movieclip nyamuk yang telah kita buat dari library ke stage dengan cara mendrag nya.
Taruh movieclip nyamuk di luar area stage karena movieclip yang asli tidak kita gunakan.
10.] Klik movie clip nyamuk kemudian buka panel action. Ketikan script di bawah ini.
//kondisi awal
onClipEvent(load) {
moveX=0;
moveY=0;
nyamukMati=0;
}
onClipEvent(enterFrame) {
//menentukan pergerakan acak pada nyamuk
acakMoveX=Math.floor(Math.random()*10);
acakMoveY=Math.floor(Math.random()*10);
if(nyamukMati==0)
{
if(acakMoveX<2) {
moveX =20;
}
else if(acakMoveX>6) {
moveX =-20;
}
if(acakMoveY<2) {
moveY =20;
}
else if(acakMoveY>6) {
moveY =-20;
}
if(this._y>600)
{
this._y=0;
}
else if(this._y<0)
{
this._y=600;
}
else if(this._x<0)
{
this._x=800;
}
else if(this._x>800)
{
this._x=0;
}
}
else
{
moveX=0;
moveY=0;
}
this._x +=moveX;
this._y +=moveY;
//menghapus movieclip nyamuk yang mati
if(this._currentframe==10)
{
removeMovieClip(this);
}
}
//kondisi saat nyamuk terpukul raket
onClipEvent(mouseDown)
{
if(this.hitTest(_root.raket.area)&&this._currentframe==1)
{
this.play();
nyamukMati=1;
}
}
11.] Buka panel properties, kemudian pada kolom instance name beri nama nyamuk
12.] Selanjutnya, buat movie clip baru dengan nama raket.
13.] Buatlah 3 buah keyframe dan pada masing-masing frame gambarkan sebuah raket dengan bentuk berbeda-beda seperti di bawah ini.
Langkah di atas di maksudkan untuk animasi raket saat tombol mouse di tekan.
14.] Seleksi gambar raket pada frame 1 dengan Selection Tool (V) tetapi tidak dengan pegangan raket. Liat gambar dibawah.
15.] Setelah diseleksi, ubah menjadi movieclip. Pada properties, beri nama area pada instance name.
16.] Pada frame 1, beri perintah stop();
17.] Keluar dari editor, masukan movieclip raket ke stage kemudian beri action script di bwah ini:
//menghilangkan pointer window
onClipEvent(load) {
Mouse.hide();
}
//mengganti pergerakan pointer dengan raket
onClipEvent(enterFrame) {
startDrag(this, true);
updateAfterEvent();
}
//animasi raket saat tombol mouse ditekan
onClipEvent(mouseDown) {
this.play();
}
Lalu, buka panel propertise, beri nama instance “raket"
18.] Langkah terakhir, pada frame 1 main movie ketikan script berikut:
//memperbanyak movieclip nyamuk
for(i=0;i<10;i++)
{
duplicateMovieClip(_root.nyamuk,"nyamuk"+i,i);
_root["nyamuk"+i]._x=Math.random()*800;
_root["nyamuk"+i]._y=Math.random()*600;
}
//menyembunyikan movieclip nyamuk yang asli
_root.nyamuk._visible=0;
19.] Jalankan movie (CTRL+ENTER).
20.] Hasil nya seperti di bawah ini
Bagaimana kawan dengan gamenya ?
Selamat mencoba dan berkreasi ya kawan
SMA 1 KESESI JAYA
9.] Keluar dari editor, lalu masukan movieclip nyamuk yang telah kita buat dari library ke stage dengan cara mendrag nya.
Taruh movieclip nyamuk di luar area stage karena movieclip yang asli tidak kita gunakan.
10.] Klik movie clip nyamuk kemudian buka panel action. Ketikan script di bawah ini.
//kondisi awal
onClipEvent(load) {
moveX=0;
moveY=0;
nyamukMati=0;
}
onClipEvent(enterFrame) {
//menentukan pergerakan acak pada nyamuk
acakMoveX=Math.floor(Math.random()*10);
acakMoveY=Math.floor(Math.random()*10);
if(nyamukMati==0)
{
if(acakMoveX<2) {
moveX =20;
}
else if(acakMoveX>6) {
moveX =-20;
}
if(acakMoveY<2) {
moveY =20;
}
else if(acakMoveY>6) {
moveY =-20;
}
if(this._y>600)
{
this._y=0;
}
else if(this._y<0)
{
this._y=600;
}
else if(this._x<0)
{
this._x=800;
}
else if(this._x>800)
{
this._x=0;
}
}
else
{
moveX=0;
moveY=0;
}
this._x +=moveX;
this._y +=moveY;
//menghapus movieclip nyamuk yang mati
if(this._currentframe==10)
{
removeMovieClip(this);
}
}
//kondisi saat nyamuk terpukul raket
onClipEvent(mouseDown)
{
if(this.hitTest(_root.raket.area)&&this._currentframe==1)
{
this.play();
nyamukMati=1;
}
}
11.] Buka panel properties, kemudian pada kolom instance name beri nama nyamuk
12.] Selanjutnya, buat movie clip baru dengan nama raket.
13.] Buatlah 3 buah keyframe dan pada masing-masing frame gambarkan sebuah raket dengan bentuk berbeda-beda seperti di bawah ini.
Langkah di atas di maksudkan untuk animasi raket saat tombol mouse di tekan.
14.] Seleksi gambar raket pada frame 1 dengan Selection Tool (V) tetapi tidak dengan pegangan raket. Liat gambar dibawah.
15.] Setelah diseleksi, ubah menjadi movieclip. Pada properties, beri nama area pada instance name.
16.] Pada frame 1, beri perintah stop();
17.] Keluar dari editor, masukan movieclip raket ke stage kemudian beri action script di bwah ini:
//menghilangkan pointer window
onClipEvent(load) {
Mouse.hide();
}
//mengganti pergerakan pointer dengan raket
onClipEvent(enterFrame) {
startDrag(this, true);
updateAfterEvent();
}
//animasi raket saat tombol mouse ditekan
onClipEvent(mouseDown) {
this.play();
}
Lalu, buka panel propertise, beri nama instance “raket"
18.] Langkah terakhir, pada frame 1 main movie ketikan script berikut:
//memperbanyak movieclip nyamuk
for(i=0;i<10;i++)
{
duplicateMovieClip(_root.nyamuk,"nyamuk"+i,i);
_root["nyamuk"+i]._x=Math.random()*800;
_root["nyamuk"+i]._y=Math.random()*600;
}
//menyembunyikan movieclip nyamuk yang asli
_root.nyamuk._visible=0;
19.] Jalankan movie (CTRL+ENTER).
20.] Hasil nya seperti di bawah ini
Selamat mencoba dan berkreasi ya kawan
SMA 1 KESESI JAYA
No comments:
Post a Comment